Rabu, 16 Juli 2014

uneg-uneg pengendara motor

ehem, cie gue.

sebenernya udah lama sih mau nulis ini, dan baru bisa kesampean sekarang. Waktu dulu gue di Jakarta berkali-kali latian supaya bisa mengendarai benda yang satu itu selalu gagal. Yang bikin berat adalah gue gak pernah diijinin bokap gue latian pake matic. Harus pake motor gigi kalau baru belajar motor. Latian terus di lapangan kosong yang baru mau dibuat komplek jadi ada jalanannya belok-belokannya (tips juga nih buat yang latian, cari yang lengkap arenanya buat latian, belokan, naik turun, etc) nah, ini yang buat gue trauma waktu itu,

Jadi seperti biasa gue bonceng bokap gue, pas setelah belokan di depan itu jalan buntu dan langsung selokan.

bokap: kurangin gasnya, di-loss gas aja. *memberi instruksi dari belakang*
gue: *tangan kanan mau gue copot dari gas, sekalian loss gitu maksudnya. E tapi malah kesenggol gas dan ketarik kebawah* *loncatlah motor itu* *gue blom diajarin rem* *apa udah tapinya gue panik*
bokap: *panik nyeimbangin badan*
kita: *masuk ke selokan.*

Begitu.

Itu yang buat gue gak mau lagi latian bawa motor sampai akhirnya di Malang. Di Malang ini lancar banget gue latian dan gak lama, tapi kali ini mulanya pake motor matic. Tapi tetep abis itu disuruh bokap kalo di jalan harus gigi dulu. Dan semua bisa gue rampungin (walau pas di motor gigi gue pake gigi 2 mulu gak pindah-pindah) (sama juga boong sih) intinya gue sekarang bisa bawa motor matic, dan baru bisa agak lancar bawa motor gigi minggu lalu. 

Nah, gue sering melihat deskriminasi terhadap wanita yang sering bawa motor. Yang mana pingin gue bahas di sini.

'cewek kalau bawa motor, keluar gang gak pernah noleh kiri-kanan langsung aja belok'
Heyyy! itu bener. Tapi, gue pernah baca buku Man from Mars Woman from Venus, kalau cowo itu sudut pandangnya emang vertiakal, kalau cewe itu horizontal. Jadi kalau kalian cowo-cowo harus tolah-toleh waktu belok ke kiri atau kanan, kita gak perlu men. Kita bisa keliatan walaupun gak noleh. Kabar gembira gak tuh? Iya. Kita bisa keliatan kok tanpa harus banyak noleh. Itu yang pertama. Yang kedua, gak cuma cewe yang gak nolah-noleh. Pengalaman gue di sini, gue hampir nabrak cowo waktu keluar dari gang. Dia nyelonong aja, posisinya gue di jalanan besar, lurus, kenceng, dan jalan di pinggir kanan, tau-tau ada motor melintang di depan gue dari gang sebelah kanan. Untung gue udah bisa ngerem. Oiya Soal rem-rem ini ada ceritanya sendiri ntar aja gue tulis kapan-kapan. Ingetin ya.

'cewe kalau bawa motor di tengah'
Ini gak bener. Karena faktanya, semua orang di Malang ini kalau bawa motor itu DI TENGAH. Dan itu pelan semua. Iya, pelan tapi di tengah. Buat kalian yang belom pada tau, fyi ya, pelan itu harusnya di kiri! tengah dan kanan itu jalur ngebut gaes.Ini yang paling sering buat gue naik pitam di jalan.

'cewe kaca spionnya gak diarahin ke jalan malah ke muka.'
Ini bener. Di Malang semua cewe yang bawa motor gitu! kecuali gue. Bisa mati gue diomelin bokap kalau sampai sebodoh itu. Lagian gue juga seneng liat spion, biar gak bisa move on *eh. Ya pokoknya gue gak suka liat cewe-cewe yang spionnya gak dipake. Itu buat apa coba spion diarahin ke muka?

Yak sejauh ini baru ini lah uneg-uneg yang bisa gue sampein. Inilah keresahan gue saat di jalan raya selama ini. Semoga bisa menjadi pencerahan kepada pengendara motor lainnya.






Share:

0 comments: