Selasa, 25 Februari 2014

Aksi Sosial PAGMA, Pathfinder & ADRA

kami di Malang ini punya Pemuda Advent Gabungan se-Malang yang dipanggil PAGMA. sebelumnya udah pernah gue masukin sih cerita tentang pagma ini dua taun lalu kalo gak salah.

nah, kemaren kita ke Ngantang, salah satu daerah yang kena erupsi gunung Kelud. Gimana serunya? mari kita simak:



05.52  Bangun pagi. padahal baru pulang jam 3 pagi dari Surabaya.
06.15  Nyampe greja dieng. kumpul di situ. harusnya brangkat jam 6. udah takut bakal ditinggal eh taunya
08.00  Brangkat.

molor dua jam. yak kira-kira begitu ya waktu bagian pemuda ini. COBA DIPAKE BUAT TAMBAHAN TIDUR SEBENTAR *nangis*
eniwei sejauh ini mereka hebat. karena kepergian kita untuk sukarelawan hari Minggu tanggal 23 Febuari kemaren itu dirancang dari hari... Jumat aja. wich is only two days preparation. eh satu deng. karna yang satu harinya udah Sabat. hari yang untuk Tuhan aja dong.
jadi, hebat juga pagma ini ucukucuk ngumpul tautau brangkat. salut.

kita ada kayak pramuka gitu di greja, yang kalo dipanggil ..

Pathfindeeeeeeeeer?!
 jawabnya..
siiaapp!!
memang siap mereka.
jadi yang pergi dari malang saat itu adalah pagma dan pathfinder. yang kalo ditotal ada sekitar 28 orang. rata-rata umur dari kelas 1 SMA - udah kerja.

tetibanya di sana, ternyata sudah ada ADRA dan anak-anak PA Tanjung Anom. pernah denger sih ADRA sebelumnya tapi baru ini ketemu dan kita kerja bareng. kurang tau kepanjangannya apa, tapi yang pasti kalo ada bencana-bencana gini pasti ada ADRA. semacam bantuan untuk bencana-bencana gitu tapi dari Advent.

inilah kita kalau digabung


setelah ngumpul, memang agak mengecewakan karna abis itu hujan. dan kita gak bisa berbuat apa-apa kecuali menunggu reda. setelah reda pun kita disuruh untuk menunggu mobil bak yang akan membantu membawa terpal-terpal itu memasuki gang-gang Desa Pandansari, Ngantang itu.

jadi truk bertutupan terpal biru pada foto di atas itu isinya terpal semua. dan tugas kita adalah membagikan 1500 terpal itu ke penduduk Desa Pandansari. kenapa terpal? karena atap rumah mereka yang paling bermasalah dalam hal ini. atap mereka banyak yang ambruk.

kondisi atas warga


penurunan terpal dari trek

tebak gue yang mana?

total acara  hari itu sangat melelahkan. (padahal baru bagiin terpal doang). kita pulang jam 5 sore dari sana. gue nyampe di rumah, (setelah makan malem bersama Pathfinder di luar) jam 9 malam. langsung tepar.

Masih pingin sih ke sana lagi dengan kondisi yang lebih fit trus bisa bantu bersiin pasir pasir yang numpuk di selokan, atau bantuin benerin genteng. ada yang mau ngajak gue ke sana  lagi?

Share:

0 comments: